Pada kesempatan kali ini, saya akan melanjutkan artikel konfigurasi DNS, yaitu konfigurasi Web Server, berikut ini langkah-langkahnya;

1.Instal paket Web Server dengan perintah "apt-get install apache2 php5 -y".

 2.Masuk ke folder sites available dengan perintah "cd /etc/apache2/sites-available/",
lalcopy web default menjadi web yang akan kita buat dengan perintah "cp 000-default.cotimotius.conf". Setelah itu, edit file web yang telah kita buat dengan perintah "nano nazira.conf", dan ubah webmaster@localhost menjadi email kita dan DocumentRoot menjadi folder web.


3. Setelah itu, kita disable web default dengan perintah "a2dissite 000-default.conf" dan enable web yang kita buat dengan perintah "a2ensite nazira.conf".

 4. Masuk ke folder sites available dgn perintah "cd /etc/apache2/sites-available/" lalu copy web default menjadi web yg akan kita buat dgn perintah "cp 000-default.conf nazira.conf" . Setelah itu, edit file web yg telah kita buat dgn perintah "nano nazira.conf" , dan ubah webmaster@localhost menjadi email kita dan DocumentRoot menjadi folder web

 5. Lalu kita buat file html nya dengan perintah "nano index.html", lalu ikuti seperti di gambar  ini.

6.Setelah itu, kita disable web default dgn perintah "a2dissite 000-default.conf" dan enable web yg kita buat dgn perintah "a2ensite nazira.conf".


7.Lalu masuk ke direktori subdomain dgn perintah "cd /var/www/" , dan kita buat folder web yg kita buat dgn perintah "mkdir nazira" , lalu kita masuk ke folder tersebut dgn perintah "cd nazira/", dan buat file html dgn perintah "nano index.html"

8.Ketika sudah di dalam index.html, kalian masukan seperti di gambar ini

9.Setelah itu, kalian restart hasil konfigurasi web dgn perintah "/etc/init.d/apache2 restart, jika ok artinya konfigurasi web server kita berhasil

10.Sekarang saat nya percobaan dgn browser yg ada di debian kita, ketik nama domain atau IP Address kita (contoh : nazira.tkj atau 172.28.15.20). Jika muncul seperti di gambar, maka konfigurasi web server kita sudah sukses.

Selamat Mencoba!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL CARA KONFIGURASI REDIRECT, BLOCKING WEB, DAN SCHEDULE DI MIKROTIK

komunikasi dalam jaringan

KONFIGURASI DNS LINUX DEBIAN 8 DI VMWARE