KONFIGURASI DHCP SERVER LINUX DEBIAN 8 DI VMWARE



Artikel ini adalah lanjutan dari artikel "Konfigurasi IP Address". Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara settting DHCP Server pada Debian 8, berikut langkah-langkahmya;

1.      Masukkan DVD 2 Debian 8.


2.      Ketik perintah "apt-cdrom add" untuk mengscan DVD 2 Debian 8.Ketik perintah "apt-get update" untuk mengupdate DVD 2 Debian 8.




3.      Ketik perintah "apt-get install isc-dhcp-server" untuk menginstal paket DHCP Server yang ada  di DVD 2 ke  Debian 8 kita.




4.      Jika sudah, ketik perintah "nano /etc/dhcp/dhcpd.conf" untuk mengkonfigurasi DHCP Server, setelah itu kalian scroll kebawah dan cari kalimat seperti yang saya tandain di gambar. Hapus tanda "#" dari subnet hingga } .




5.      Lalu kalian ubah IP nya menjadi IP yang kalian buat di artikel sebelumnya dan untuk domain-name bisa menggunakan sesuai kalian.



6.      Ketik perintah "nano /etc/default/isc-dhcp-server" dan kalian cari kata "INTERFACES=" kalian isi sesuai dengan eth yang sudah kita berikan sewaktu kita mengkonfigurasi IP Address, yaitu eth0.


7.      Lalu kalian ketik perintah "/etc/init.d/isc-dhcp-server restart" untuk merestart konfigurasi DHCP Server kita. Jika sudah ok berarti settingan DHCP Server kita berhasil!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL CARA KONFIGURASI REDIRECT, BLOCKING WEB, DAN SCHEDULE DI MIKROTIK

komunikasi dalam jaringan

KONFIGURASI DNS LINUX DEBIAN 8 DI VMWARE